Menyetel Katup Yamaha Zupiter

Sabtu, 08 Juni 20130 komentar

berbagi sedikit mengenai servis motor , terutama masalah seting klep ato valve, brow sis anda sekalian tau kan mengenai motor Yamaha Jupiter Z1, yupp Jupiter Z1 adalah motor bebek Yamaha yang basic mesinnya tertanam teknologi Fuel Injection (FI).
Disini yang ane bahas bukan Injeksinya bro tetapi masalah seting klep / valve soalnya disini kalau kita lihat untuk motor Yamaha Jupiter Z1 itu tampilan mesinnya terutama tempat kita seting klep/valvenya sedikit berbeda dengan bebek bebek Yamaha pada umumnya.
Lansung saja bro sis kita mulai belajar seting klep/valve Jupiter Z1 capcus ,,,,,,,
Sebelum kita setel katup yang perlu kita perhatikan adalah masalah temperature mesin,,,sekedar masukan bagi bro sis semua lebih baiknya kita setel klep pada saat mesin dalam keadaan dingin soalnya pabrikan Yamaha sendiri juga merekomendasikan  untuk standart penyetelan klep itu kondisi mesin pada saat dingin, tau kenapa bro sis, Yups,,,,yang pertama kalau kita setel katup kondisi mesin panas pastinya tangan kita bakal gosong alias hangus karena kepanasan hehehe,,,, terus yang kedua ketika kita stel klep dalamkondisi mesin dingin komponen dari klep tidak terjadi pemuaian alias ngembang,,,,,kayak kue aja ngembang hehehehe, sehingga hasil stelan yang kita terapkan di motor akan lebih pas sesuai dengan standart pabrikan.
Ok bro untuk stel klep Jupiter Z1 langkah pertama adalah kita wajib membuka penutup tappet (cap cylinder head) seperti gambar dibawah ini  :
Gambar

Langkah kedua adalah kita buka penutup timing & O – ring  seperti dibawah ini :  
Gambar
Setelah cap terbuka dan penutup timing & O – ring sudah di buka langkah selanjutnya adalah kita topkan posisi piston pada posisi TMA ( titik mati atas ) dengan cara :
 1. Putar poros engkol berlawanan jarum jam.  
Gambar                                                                      
 2. Pada saat Piston mencapai TMA (Kompresi), tanda “I” huruf “a” pada camshaft sprocket     segaris  dengan garis pada plat pengunci “b” .    
Gambar
3. Tepatkan tanda garis “c” pada generator rotor dengan pointer “d” yang terdapat pada   penutupcrankcase.                                                                                                                         
Gambar
Setelsh melakukan hal diatas jangan diubah dulu stelannya tapi ukur dulu kelonggarannya kalau ukuran di luar spesifikasi baru kita sete ulang,tetapi kalau masih standart lebih baik ngak usah distel biar gak buang buang waktu brow hehehehe.
Standart celah klep Jupiter Z1 :
Gambar
Setelah di cek kelonggaran klepnya dan hasilnya diluar standard pabrik maka lakukan penyetelan dengan cara sbg :
a. Kendorkan mur pengunci   klep . 
b. Masukkan thickness gauge/fuler gauge (alat  pengukur celah ) di antara ujung baut penyetel dan ujung batang klep.                                                                                               
c. Putar baut penyetel ke kanan / ke kiri hingga didapat spesifikasi yang sesuai                                                
d.Tahan putaran baut penyetel dan kencangkan mur pengunci sesuai dengan torsi spesifikasi pengencangan ( 7 Nm / 0.7 m.Kg)                                    
e. Periksa kembali kelonggaran Klep .                                                                                       
f. Jika kelonggaran Klep tidak sesuai dengan spesifikasi, ulangi kembali tahap penyetelan kelonggaran klep.
Udah selesai tahap stel klep kita, terakhir pasang semua komponen komponen yang kita lepas tadi dan coba jalan motornya,,,,,,
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Khalaya.com - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger