Disini yang ane bahas bukan Injeksinya
bro tetapi masalah seting klep / valve soalnya disini kalau kita lihat
untuk motor Yamaha Jupiter Z1 itu tampilan mesinnya terutama tempat kita
seting klep/valvenya sedikit berbeda dengan bebek bebek Yamaha pada
umumnya.
Lansung saja bro sis kita mulai belajar seting klep/valve Jupiter Z1 capcus ,,,,,,,
Sebelum kita setel katup yang perlu kita
perhatikan adalah masalah temperature mesin,,,sekedar masukan bagi bro
sis semua lebih baiknya kita setel klep pada saat mesin dalam keadaan
dingin soalnya pabrikan Yamaha sendiri juga merekomendasikan untuk
standart penyetelan klep itu kondisi mesin pada saat dingin, tau kenapa
bro sis, Yups,,,,yang pertama kalau kita setel katup kondisi mesin panas
pastinya tangan kita bakal gosong alias hangus karena kepanasan
hehehe,,,, terus yang kedua ketika kita stel klep dalamkondisi mesin
dingin komponen dari klep tidak terjadi pemuaian alias
ngembang,,,,,kayak kue aja ngembang hehehehe, sehingga hasil stelan yang
kita terapkan di motor akan lebih pas sesuai dengan standart pabrikan.
Ok bro untuk stel klep Jupiter Z1 langkah pertama adalah kita wajib
membuka penutup tappet (cap cylinder head) seperti gambar dibawah ini :Langkah kedua adalah kita buka penutup timing & O – ring seperti dibawah ini :
Setelah cap terbuka dan penutup timing & O – ring sudah di buka langkah selanjutnya adalah kita topkan posisi piston pada posisi TMA ( titik mati atas ) dengan cara :
1. Putar poros engkol berlawanan jarum jam.
2. Pada saat Piston mencapai TMA
(Kompresi), tanda “I” huruf “a” pada camshaft sprocket segaris
dengan garis pada plat pengunci “b” .
3. Tepatkan tanda garis “c” pada generator
rotor dengan pointer “d” yang terdapat pada
penutupcrankcase.
Setelsh melakukan hal diatas jangan
diubah dulu stelannya tapi ukur dulu kelonggarannya kalau ukuran di luar
spesifikasi baru kita sete ulang,tetapi kalau masih standart lebih baik
ngak usah distel biar gak buang buang waktu brow hehehehe.
Standart celah klep Jupiter Z1 :Setelah di cek kelonggaran klepnya dan hasilnya diluar standard pabrik maka lakukan penyetelan dengan cara sbg :
a. Kendorkan mur pengunci klep .
b. Masukkan thickness gauge/fuler gauge (alat pengukur celah ) di antara ujung baut penyetel dan ujung batang klep.
c. Putar baut penyetel ke kanan / ke kiri hingga didapat spesifikasi yang sesuai
d.Tahan putaran baut penyetel dan kencangkan
mur pengunci sesuai dengan torsi spesifikasi pengencangan ( 7 Nm / 0.7
m.Kg)
e. Periksa kembali kelonggaran Klep .
f. Jika kelonggaran Klep tidak sesuai dengan spesifikasi, ulangi kembali tahap penyetelan kelonggaran klep.
Udah selesai tahap stel klep kita, terakhir pasang semua komponen komponen yang kita lepas tadi dan coba jalan motornya,,,,,,
Posting Komentar