ISO 9001:2008 adalah standar international yang digunakan untuk
menetapkan kebijakan dan sasaran mutu (quality objective) serta
pencapaiannya yang bisa diterapkan dalam setiap jenis
organisasi/perusahaan berdasarkan persyaratan 8 klausul ISO 9001:2008:
- Ruang lingkup
- Rujukan normatif
- Istilah dan definisi
- Sistem manajemen mutu
- Tanggung jawab manajemen
- Manajemen sumber daya
- Realisasi produk
- Pengukuran, Analisis dan Peningkatan.
hal lain adalah ISO 9001:2008 juga merupakan persyaratan standard sistem manajemen mutu,
memberikan 2 manfaat yaitu eksternal dan internal. Peningkatan
performance, penetrasi pasar dan kepuasaan pelanggan (customer
satisfaction) merupakan beberapa manfaat eksternal. Sedangkan
peningkatan efisiensi dan kinerja adalah beberapa manfaat internal.
Dunia usaha saat ini dituntut untuk selalu meningkatkan performance dan
kinerja agar produk/jasa atau sistem yang dimilikinya dapat diterima
oleh semua pihak.
Dokumen-dokumen sertifikasi ISO 9001:2008 yang dinilai terdiri dari:
1. Quality manual (Manual/Pedoman menu)
2. Quality Procedure (Prosedur mutu)
3. Work Instruction/Job Description (Intruksi Kerja)
4. Supporting Documents/Forms (Dokumen pendukung/Form
Pelaksanaan
Proses Sertifikasi kesesuaian sistem mutu
organisasi terhadap persyaratan standar seri ISO 9001:2008 dilakukan
dengan tahapan berikut:
- Pendefinisian ruang lingkup sertifikasi.
- Kunjungan pendahuluan dilakukan untuk melihat gap analisis dan diagnosis antara standar yang diterapkan oleh organisasi terhadap ISO 9001:2008.
- Audit sertifikasi dilakukan dalam dua tahap yaitu :
- Tahap 1:
Audit Pendahuluan Yakni audit dokumen dan pre-audit untuk menguji tingkat penerapan sistem manajemen mutu ISO 9001:2008 di organisasi, guna persiapan pelaksanaan Audit Sertifikasi. - Tahap 2:
Audit Sertifikasi Yakni audit komprehensif untuk menilai efektivitas penerapan sistem manajemen mutu berdasarkan sistem dokumentasi yang telah dibuat dan ruang lingkup aplikasi sistem manajemen mutu.
Manfaat
- Meningkatkan kepercayaan pelanggan.
- Meningkatkan citra dan daya saing perusahaan.
- Meningkatkan peluang untuk masuk pasar global.
- Meningkatkan performa organisasi (produktivitas, efisiensi dan efektivitas operasional).
- Meningkatkan moral karyawan melalui sistem kerja yang baik dan konsisten.
- Memberikan rekomendasi terhadap perbaikan sistem organisasi secara kontinyu.
- ISO 9001:2008 Quality Management System
- ISO 14001:2004 Enviromental Management System
- OHSAS 18001:2007 Occupational Health and Safety Assessment Series
- SA 8000 Social Accountability
- ISO 22000:2005 Food Safety Management System
- HACCP Hazard Analytical And Critical Control Point
- GMP Good Manufacturing Practices
- ISO 27001:2005 Information System Management System
- ISO 50001:2011 Energy Management System
- ISO/TS 16949 Technical Specification
- ISO 13485 Medical Devices Management System
- ISO 26000 Social Responsibility Management System
Posting Komentar